Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

27 September 2019   43 kali  
Rakoor Penguatan Potensi Kerjasama dengan Mitra Luar Negeri
Rakoor Penguatan Potensi Kerjasama dengan Mitra Luar Negeri

Rapat Koordinasi Penguatan Potensi Kerjasama dengan Mitra Luar Negeri di Hotel Majapahit Surabaya, 25 s.d 26 September 2019.
Rapat dibuka oleh Bapak Aries Agung Paewai, S.STP, MM., selaku Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur.

Rapat dihadiri oleh Bappeda dan Bagian yang menangangi kerjasama se-kabupaten/kota di prov jatim, perwakilan dari USAID dan ADB serta Tim Penyusun SDGS nasional yang juga komisaris Telkom.

Rapat dimaksudkan agar Perangkat Daerah (PD) di Lingkup Pemprov. Jawa timur dan Perwakilan Pemkab/Pemkot untuk bisa terus memberikan dukungan dan mengembangkan kerjasama dengan lembaga internasional sesuai dengan kewenangan masing-masing melalui pendekatan Sustainable Development Goals atau biasa disingkat dengan SDGS.
Beberapa poin dalam rapat koordinasi diantaranya :
1. Perlunya kerjasama dikarenakan keterbatasan sumber daya (manusia atau alam), teknologi negara maju, berkembang pesat , penyelesaian masalah dari pola pikir berbeda dan globalisasi tidak terbendung ;
2. Tujuan dari kerjasama yaitu membangun jejaring yang menguntungkan, transfer ilmu pengetahuan, teknologi dan pengalaman , solusi alternatif permasalahan dan replikasi kesuksesan;
3. Kerja Sama Daerah dengan lembaga dan/atau pemda di Luar Negeri dilaksanakan Setelah Mendapat Persetujuan Pemerintah Pusat;
4. Terkait dengan kerjasama dalam rangka pendekatan SDGS hadir dalam acara Penasehat ADB dan Program Koordinator Provinsi ADB dengan Program Kinerja serta dari Tim USAID dengan Program JAPRI (Jadi Pengusaha Mandiri );
5. Program Kinerja ADB dilakukan dengan pendampingan bagi keterbukaan tata kelola pemerintahan (open government) melalui keterlibatan masyarakat bagi peningkatan kualitas layanan Puskesmas di Pacitan dan Lumajang melalui Dashboard Penghapusan Pernikahan Anak serta Pendampingan di Kota Blitar dan Kota Batu untuk menghilangkan praktek pernikahan usia anak yang memiliki dampak multi dimensi, melalui pendekatan penyediaan data sebagai dasar pengambilan keputusan.
6. Program JAPRI oleh USAID yaitu dengan penguatan kapasitas dan kemampuan ekonomi kelompok masyarakat yang lemah dan terpinggirkan, termasuk di dalamnya adalah kelompok disabilitas di Trenggalek, Blitar, dan Sampang .
7. Replikasi Program Kinerja ADB bisa dilakukan melalui tools yang dimiliki oleh KINERJA dan dapat didownload mulai bulan November 2019.
8. Replikasi Program JAPRI oleh USAID dilakukan melalui tools yang akan diberikan saat TOT dan TOC dan rencananya dilaksanakan bulan November dengan persyaratan Kabupaten atau Kota harus berkomitmen setelah TOT dan TOC memiliki pemuda dari masyarakat miskin yang didampingi dalam hal usaha serta mengirimkan permohonan terkait TOT dan TOC melalui provinsi.
9. Kabupaten/ Kota bisa mengirimkan usulan kerjasama dalam segala bidang ke provinsi jawatimur melalui Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur untuk dianalisa dan menghasilkan program luar negeri apa yang cocok dilakukan kerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota

Banyak Dibaca