Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

29 Januari 2020   108 kali  
Sosialisasi Investment Award Provinsi Jawa Timur tahun 2020.
Sosialisasi Investment Award Provinsi Jawa Timur tahun 2020.

Hotel Aria Centra Surabaya, Rabu 29 Januari 2020. Acara di hadiri 100 orang, terdiri DPMPTSP dan bappeda Kab/Kota se-Jawa Timur dengan tujuan melakukan sosialisasi kegiatan investment award 2020. Hal ini di maksudkan untuk membuka peluang investasi dan mendorong untuk melakukan inovasi investasi serta meningkatkan kinerja PMDN dan PMA.

A. Acara di buka oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Jawa Timur, Dr. Ir. Aris Mukiyono, MT. MM.dengan arahan :

1. Peluang terbesar untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Timur adalah melalui investasi. Mengandalkan government spending sangat kecil, hanya berkisar 8 %.

2. Komponen investasi saat ini jangan hanya di bebankan kepada DPMPTSP, tetapi harus melibatkan semua dinas terkait. Ada kesan lambatnya perijinan di daerah karena lambatnya DPMPTSP, padahal banyak dinas teknis yang terlibat.

3. Investasi yang saat ini terukur hanya 500 juta ke atas, sementara investasi sektor UMKM belum terukur meskipun sumbangannya besar. Saat ini masih diusahakan sistemnya melalui BKPM dan Kementrian Koperasi dan UMKM

4. Untuk provinsi jawa timur, saat ini ada 13 peraturan terkait investasi, kedepan akan dijadikan 1 peraturan.

5. Penilaian investment award akan di lakukan selama 3 bulan, semua kabupaten kota akan di kunjungi dan pemenang akan di umumkan di acara EJI (East Java Investival).

B. Narasumber 

1. Kuesioner ada 2 macam, untuk kabupaten kota dan untuk perusahaan.

2. Untuk pemilihan perusahaan di tentukan oleh kabupaten kota, terdiri dari 2 PMDN dan 2 PMA.

3. Hasil kuesioner bisa di unggah ke sistem sedangkan bukti fisik di persiapkan saat kunjungan lapangan.

4. Penilaian di lakukan secara klaster berdasarkan pertumbuhan ekonomi dan PDRB daerah 3 tahun terakhir. Kabupaten masuk klaster 3 bersama 25 kabupaten kota yang lain.

5. Kunci penilaian ada di hal baru yang dilakulan kabupaten kota untuk meningkatkan realisasi investasi serta inovasi untuk mempercepat perijinan investasi.

6. Untuk penilaian PMDN dan PMA terpilih terdiri dari kinerja pelaporan investasi, kegiatan CSR dan pengelolaan Lingkungan Hidup.

Banyak Dibaca