Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

07 November 2019   403 kali  
PENGENALAN BUAH MANECU YANG KAYA NUTRISI DAN RENDAH KALORI DI ACARA PAK MA’AJEH DI WILAYAH KERJA
PENGENALAN BUAH MANECU  YANG KAYA NUTRISI DAN  RENDAH KALORI DI  ACARA PAK MA’AJEH  DI WILAYAH KERJA

Camat se- wilayah Kerja Klakah memiliki inovasi memperkenalkan  buah manecu melalui kegiatan “PAK MA’AJEH (PAKENNAL MANECU NA DEJEH ) Se –Wilker Klakah kamis  7 November 2019.

Pengenalan Manecu dibarengi kegiatan lomba cipta menu dari buah Manecu  maupun kualitas rasa  buah tersebut , yang dihadiri beberapa Perangkat Daerah Terkait .

Orang Jawa Timur menyebutnya kenitu atau manecu, namun orang Lambung menamai buah ini sawo manila. Dalam istilah ilmiah, buah manis ini disebut Chrysophyllum cainito. Pohon kenitu bisa tumbuh cepat, dengan tinggi mencapai 30 meter. Buahnya yang matang bisa langsung dimakan atau juga dapat digunakan sebagai bahan baku es krim atau serbat.

Sebelum Bupati dan Wakil Bupati  hadir dijelaskan dari unsur Dinas Keshatan Ibu Lita  yang menyampaikan   khasiat  Manecu / kenitu untuk kesehatan. 236 gram kenitu segar mengandung 67 kalori.  Bagi Anda yang sedang diet, Anda bisa mengonsumsi kenitu sebagai camilan setiap hari. Selain rendah kalori, buah ini juga tidak mengandung lemak dan rasanya juga enak

#Serat

Satu kenitu mengandung 3 gram serat untuk memenuhi asupan harian tubuh - tubuh membutuhkan 25-38 gram serat per hari. Itu akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. 

Buah ini juga dapat mencegah Anda makan terlalu banyak, dan dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Nutrisi yang hadir dalam kenitu juga dapat menurunkan risiko terkena diabetes dan beberapa jenis kanker. 

# Vitamin dan mineral

Kenitu merupakan sumber kalsium yang baik, yang menyediakan 10 persen dari jumlah kalsium yang Anda butuhkan setiap hari. 

Kalsium dapat menguatkan tulang dan gigi, dan juga dapat mengurangi gejala sindrom pra-menstruasi, seperti kram dan kembung perut dan  banyak lagi manfaatnya .

Buah ini juga mengandung 5 persen vitamin C dan vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Selain itu, satu buah kenitu menyajikan 2 persen dari besi, mineral penting untuk oksigenasi tubuh, yang Anda butuhkan setiap hari.

Selanjutnya Bupati Lumajang Bapak H Thoriqul Haq  menyampaikan pengembangan wilayah utara termasuk yang di prioritaskan  utamanya infrastruskturnya agar akses  jalan bisa segera dimanfaatkan , selanjutnya  untuk  acara  pengenalan Manecu  kedepan  agar  menyesuaikan dengan masa panen  karena  keluhan  event saat ini  belum saatnya panen sehingga kesulitan  mendapatkan manecu.

Wakil Bupati Lumajang Bunda Indah  menyampaikan bahwa festival Manecu  merupakan  terobosan  yang juga menekankan  dilaksanakan pada saat musim panen dan kedepan harapan beliau DPRD maupun Dinas Pertanian juga dilibatkan  . 

Wilayah Utara pengembangannya selain infrastruktur jalan juga  infrastruktur air dan pengoptimalan  mata air Sumber Mrutu.

Acara di akhiri dengan pemberian Hadiah bagi peserta Lomba .

Banyak Dibaca