Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

03 Februari 2021   39 kali  
Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD Tahun 2022
Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD Tahun 2022

Pada hari Rabu, 03 Februari 2021 bertempat di Ruang Nararya Kirana, Bappeda Kab. Lumajang menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kab. Lumajang Tahun 2022. Acara tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Ir. Indah Amperawati, M. Si dan dihadiri Sekretaris Daerah, Asisten di lingkungan Setda, Kepala OPD serta perwakilan multi stake holder pembangunan daerah. Gelaran ini diselenggarakan secara offline dan online dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Acara FKP ini bertujuan menjaring aspirasi dari multi stake holder pembangunan daerah sebagai bahan penyempurnaan Ranwal RKPD Kab. Lumajang tahun 2022.

Dalam sabutan arahannya, Ibu Wabup menyampaikan pentingnya sinkronisasi dan sinergitas program pembangunan untuk mengoptimalkan pemanfaatan potensi unggulan daerah serta menjawab permasalahan pembangunan daerah di tahun 2022. Lebih lanjut, beliau menekankan perlunya upaya bersama seluruh sektor untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia dan Pertumbuhan Ekonomi di Kab. Lumajang.

Kepala Bappeda, Ir. Retno Wulan Andari, M. Si dalam paparannya tentang “Outlook Pembangunan Kab. Lumajang Tahun 2022 menyampaikan bahwa permasalahan pembangunan daerah adalah

1) Pertumbuhan sektor unggulan rendah

2) Terjadinya alih fungsi lingkungan yang menyebabkan tingginya resiko bencana

3) Laju pertumbuhan IPM lambat

4) Peningkatan persentase penduduk miskin

5) Penyelenggaraan reformasi birokrasi belum optimal. Dampak Covid-19, kebijakan nasional dan regional juga menjadi isu strategis dalam penentuan sasaran dan proritas pembangunan Kab. Lumajang tahun 2022. 

Oleh karena itu, Tema Pembangunan 2022: 

AKSELERASI PERTUMBUHAN EKONOMI DAN PENGUATAN KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT

Banyak Dibaca