Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

29 Januari 2020   84 kali  
Kementrian PAN RB memberikan Hasil Evaluasi SAKIP 2019 kepada Gubernur, Bupati/Walikota
Kementrian PAN RB memberikan Hasil Evaluasi SAKIP 2019 kepada Gubernur, Bupati/Walikota

Senin, 27 Januari 2020, di Hotel Inaya Nusa Dua Bali, Kementrian PAN RB memberikan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2019  kepada Gubernur, Bupati/Walikota.

Hasil Evaluasi SAKIP Prov. Jatim adalah A sedangkan Kab. Lumajang dengan nilai B mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya dari 62,74 menjadi 65,74.

SAKIP adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi pemerintah dimana sistem ini merupakan integrasi dari sistem perencanaan, penganggran, pelaporan kinerja yang selaras dengan sistem akuntabilitas keuangan.

Ada 5 kriteria penilaian SAKIP, yaitu perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi kinerja, Capaian Kinerja, dimana bobot penilaian tertinggi (30?) adalah Perencanaan Kinerja. Dari Nilai  yang diperoleh Kab.Lumajang, peningkatan tertinggi adalah dari penilaian perencanaan kinerja. 

Bappeda sebagai Badan  Perencanan merasa bersyukur karena bisa mendukung peningkatan nilai SAKIP yang tentunya tak lepas dari peran dan kerjasama OPD lain sehingga Nilai SAKIP bisa meningkat.

Dengan meningkatnya nilai SAKIP menunjukkan kinerja pemerintah lebih baik, lebih transparan. Masih perlu kerja keras lagi agar Nilai SAKIP bisa meningkat seperti Prov. Jatim. Semoga tahun depan Kinerja Kabupaten Lumajang lebih baik.

Banyak Dibaca