Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

29 Januari 2020   89 kali  
Bersama Bunda Indah Wabup Kab.Lumajang menghadiri Pencanangan Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC
Bersama Bunda Indah Wabup Kab.Lumajang  menghadiri Pencanangan Gerakan Bersama Menuju  Eliminasi TBC

Bersama Bunda Indah Wabup Kab.Lumajang  menghadiri pencanangan Gerakan Bersama Menuju  Eliminasi TBC 2030 oleh Presiden Bapak Joko Widodo di Cimahi -Jabar,  29 Januari 2020.

Indonesia adalah negara dengan jumlah  penderita TBC yg cukup banyak, menduduki ranking 3 dunia setelah Cina dan India. Untuk mengurangi dan menghilangkan TBC di Indonesia maka ada gerakan TOSS TBC ( Temukan TBC obati Sampai Sembuh).

Dalam sambutannya Bapak Presiden menyampaikan bahwa : menuju Indonesia Unggul diperlukan SDM yang berkualitas, oleh karena itu masyarakat harus sehat, bebas dari segala penyakit termasuk TBC.

Menurut Bapak Presiden, mencegah lebih baik daripada mengobati, yaitu dengan membuat lingkungan yang baik dan sehat, antara lain : drainase yang baik, Air minum yang layak, Rumah Sehat dan pengelolaan sampah. 

Oleh karena itu, menghilangkan TBC 2030 tidak bisa dilakulan oleh Kementrian Kesehatan atau Dinas Kesehatan di Kabupaten/Kota, tapi perlu kerjasama semua pihak ( Inrastriktur Dasar, )untuk bergerak bersama - sama menghilangkan TBC 2030 dengan gerakan TOSS TBC.

Bunda Indah Wabup Kab.Lumajang setelah menghadiri pencanangan tersebut menambahkan bahwa Kab.Lumajang berkomitmen utk bersama sama bergerak utk eliminasi TBC 2030, karena di Kab.Lumajang jumlah penderita TBC cukup banyak, kurang lebih 1900 di thn  2019, sengan angka kesembuhan sekitar 84%, perlu kerjasama semua pihak agar bisa menghilangkan TBC di Kab.Lumajang.

Banyak Dibaca