Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

02 Desember 2019   117 kali  
Konfrensi Air Minum Sanitasi Nasional (KSAN)
Konfrensi Air Minum Sanitasi Nasional (KSAN)

Pada Hari Senin, 2 Desember 2019. Wakil Bupati Lumajang Bunda Indah bersama dengan Bappeda menghadiri Konfrensi Air Minum Sanitasi Nasional (KSAN) 2019 di Hotel Indonesia Kempinski.

KSAN  merupakan kegiatan dua tahunan yang digagas oleh Pokja PPAS Nasional sebagai wadah lintas Kementrian dan Lembaga untuk mendukung pembangunan air minum dan sanitasi Jndonesia, mempunyai tema Menuju Pelayanan yang Aman, Inovatif dan berkelanjutan    dibuka oleh Wakil Presiden Bpk.KH.Makruf Amin dihadiri ioleh Kepala Bappenas, Perwakilan dari Kementrian Dalam Negeri, Gubernur, Bupati,/Walikota.

Bu Retno: Dalam KSAN 2019  juga mengundang beberapa Kabupaten/Kota  berbagi pengalaman tentang  inovasi yang sudah dilakukan untuk bisa meningkatkan akses Sanitasi dan Air Minum di daerahnya.

Capaian Air Minum di Indonesia saat ini sudah 80%  akan tetapi Akses aman (perpipaan)masih 20% sedangkan capaian Sanitasi : 75%.

Hal tersebut tak lepas  dari masih adanya permasalahan antara lain : Akses Air minum dan Sanitasi Aman masih rendah, Pengelolaan air limbah yang belum optimal yang berpebgaruh terhadap kulitas air permukaan, masih rendahnya tata kelila kelembagaan penyediaan air minum.

Oleh karena itu sesuai dengan UU 23 thn 2014 pemenuhan air minum dan sanitasi harus menjadi prioritas pemerintah pusat dan daerah

Harapan ke depan untuk mendukung Air minum dan Sanitasi adalah dengan strategi 

1. Ada dalam target RPJMN dan SDG's

2. Membuat Inovasi 

3. Meningkatkan SDM untuk mendukung capaian air minum Indonesia

Banyak Dibaca