Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

04 Oktober 2019   11 kali  
KERIS DENSUS ( KELOMPOK RISET DISATER AND EMERGENCY NURSING STUDIES) BENTUK SEKOLAH DESA di BURNO
KERIS DENSUS  ( KELOMPOK RISET DISATER AND EMERGENCY NURSING STUDIES) BENTUK SEKOLAH DESA di BURNO

Universitas Jember kampus Lumajang  melaksanakan kunjungan  ke  Bappeda diterima Sekretaris Bappeda di Ruang kerjanya  didampingi Kabid Sosbud Bappeda Jumat 4  Oktober 2019 .

Tujuannya  untuk berkoordinasi  dalam rangka   menyampaikan  kegiatan  LP2M( Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ) melalui Keris Densus (Kelompok Riset Disater and Emergency Nursing Studies) yang  merupakan  Program Studi Diploma 3 Keperawatan Universitas Jember kampus Lumajang  yang berkeinginan   menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Dijelaskan  oleh Ibu Arista M dan  Ibu Anggia Astuti  bahwa  tujuan  kegiatan  pengabdian masyarakat :

1.      Membentuk sekolah Desa  untuk  Petani dan Peternak di Desa BURNO  Kecamatan SENDURO  dalam menyiapkan  Sumber  Daya Manusia untuk  menjadikan Desa BURNO sebagai Kawasan EDU WISATA berbasis Agro Agronursing.

Agronursing, adalah penatalaksanaan manajemen pelayanan keperawatan dan asuhan keperawatan dengan ruang lingkup agricultural (pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan serta agroindustri) berfokus pada klien (individu, keluarga, kelompok, dan komunitas) yang holistik (biopsikososiokultural – spiritual) dan komprehensif (promotif, prefentif, kuratif, dan rehabilitatif). Agronursing mulai dikembangkan di Fakultas Keperawatan Universitas Jember untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat dilingkungan pertanian. 

2.      Sebagai tindaklanjut program Pengabdian Masyarakat yang diprakarsai KERIS DENSUS ( Kelompok Riset Disater and Emergency Nursing Studies) .

Harapannya, dengan Sekolah Desa  Binaan Universitas Jember, bakal mampu memperkuat good governance atau tata kelola yang baik di desa BURNO  yang berlandaskan pada transparansi, kejujuran, bertanggungjawab dan dapat dipertanggungjawabkan.

Inisiatif Universitas Jember melalui LP2M membuka Sekolah Desa telah  mendapatkan apresiasi dari Menristekdikti atas  hasil-hasil inovasi kepada masyarakat luas, termasuk dalam membangun desa.

 

Banyak Dibaca